Senin, 03 September 2018

Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya


Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya



Judul : Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya
Pengarang : Prof. Drs. R. Binarto
Penerbit : Ghalilea Indonesia
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 1984
Tebal Buku : 126 Halaman
Bahasa : Indonesia

SINOPSIS BUKU :

     Didalam buku ini kita dapat mengetahui lebih jauh tentang desa, kota dan juga permasalahan yang ada di lingkup tersebut. Buku ini juga merupakan buku yang disusun berdasarkan pandangan dan juga pemikiran dari sejumlah peneliti dan pakar di bidang tersebut. Didalam buku Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya ini terapat 5 pokok bahasan yaitu, desa, kota, interaksi desa-kota, teori interaksi, dan juga dampak interaksi, pembangunan dan disiplin.

     Dalam setiap bab dijelaskan lebih detail lagi tentang hal-hal yang ada didalamnya, mari kita bahas setiap babnya agar lebih jelas. Pada bab pertama yaitu desa ada beberapa sub bab lagi yaitu, pengertian desa, fungi dan potensi desa, modernisasi desa dan permasalahannya, dan faktor-faktor pembinaan masyarakat desa. Bab yang kedua yaitu, kota terdapat beberapa sub bab yaitu, pengertian kota, struktur kota, tanda pengenal kota, pemekaran fisik kota, kota sebagai lingkungan hidup, degradasi lingkungan hidup kota, dan juga jenis-jenis degradasilingkungan fisik dan sosial. Bab yang ketiga yaitu, interaksi desa dan kota mempunyai 4 sub bab yaitu, pengertian interaksi, zone interaksi, manusia perubahan dan modernisasi, interaksi dan pengaruhnya. Bab keempat hanya berisi 3 sub bab saja yaitu, analisis kuantitatif, dampak interaksi desa-kota dan yang terakhir adalah modernisasi dan dampak interaksi kota-desa. Dan bab yang terakhir berisi geografi pembangunan, disiplin masyarakat, dan teknologi dan lingkungannya.

     Gambaran umum dalam bab pertama adalah seluk beluk pedesaan. Bab kedua membahas tentang permasalahan-permasalahan yang ada diperkotaan khususnya pencemaran lingkungan yang kini kian marak. Bab yang ketiga lebih condong kepada sebab akibat yang ditimbulkan oleh interaksi antar desa dan kota. Bab keempat menjelaskan tentang dampak yang dihubungkan dengan dampak modernisasi da bab yang terakhir lebih menekankan pada aspek yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan nasional yang diawali dengan kedisiplinan masyarakat itu sendiri.
Mengingat keterbatasan buku bacaan dengan pokok masalah desa kota dan permasalahannya maka buku ini dibuat sedemikian rupa agar dapat langsung sampai pada sasaran yaitu masyarakat cendekiawan, khususnya para mahasiswa yang merupakan bibit-bibit pembangunan negri kita ini dimasa yang akan datang.

     Buku ini juga dilengkapi dengan pertanyaan dan tugas yang berisikan soal soal mengenai bahasan yang sudah ada didalam buku tersebut dan juga ada beberapa soal yang bertujuan untuk mengembangkan pola pikir kita. Kita sebagai pembaca dapat menguji kepahaman kita tentang buku tersebut dan juga kemampuan kita dibidang desa kota dan lingkupnya. Dan dengan adanya buku ini diharapkan dapat menambahkan wawasan mengenai desa kota dan permasalahannya.

Kekurangan buku :
S         1. Sampul buku kurang menarik.
           2. Jenis kertas yang digunakan terlalu coklat hingga mudah membuat mata lelah.
           3. Pembahasannya kurang detail lagi.

Kelebihan buku :
      1. Mudah dipahami karna isinya yang padat.
      2. Disertai soal yang mampu menguji kemampuan.
      3. Mampu menambah wawasan pembacanya.

http://library.uny.ac.id
sumber : Prof. Drs. R. Binarto. Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Jakarta : Ghalilea Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar